Skip to content

Gizi Jamur Tiram Putih

16 January 2010

Jamur tiram (Pleurotus oestreatus) bentuknya seperti tiram dengan beberapa jenis warna, tetapi yang paling disukai konsumen jamur tiram putih. Jamur tiram tumbuh sepanjang tahun diberbagai iklim. Budidaya menggunakan media serbuk kayu sengon, ditumbuhkan di dalam rumah jamur intensitas cahaya kurang dari 40 lux, penyinaran tidak langsung, dan kelembaban ruang 80-85%.

Jamur tiram termasuk tumbuhan hasil pertanian organik yang tidak mengandung kolesterol. Setiap 100 gram jamur tiram mengandung protein 19-35% dengan 9 macam asam amino; lemak 1,7 – 2,2% terdiri dari 72% asam lemak tak jenuh. Karbohidrat jamur Tiamin riboflavin dan niasin merupakan vitamin B utama dalam jamur tiram selain vitamin D dan C mineralnya terdiri dari K, P, Na, Ca, Mg, juga Zn, Fe, Mn, Co dan Pb. Mikroelemen yang bersifat logam sangat rendah sehingga aman dikonsumsi setiap hari..

Konsumsi jamur tiram selama 3 minggu dapat menurunkan kadar kolesterol hingga 40%. Jamur tiram putih dapat diolah menjadi berbagai masakan untuk sayur, lauk dan makanan ringan.

Sumber : Botani dan Tinjauan Gizi Jamur Tiram Putih, Jurnal Inovasi Pertanian Vol. 4, No. 2, 2006

About these ads
11 Comments leave one →
  1. 16 January 2010 1:43 am

    Boleh deh kapan-kapan nyobain olahan dari jamur tiram

  2. 19 February 2010 10:01 am

    wah keren nih… :)

  3. 23 March 2010 3:44 pm

    sebaiknya jamur jenis ini lebih enak dimasak apa?
    kalo di goreng tepung enak gak yah? hehehe

  4. monsterjelly permalink*
    26 March 2010 11:05 pm

    enak tuh digoreng tepung.. :)

  5. 19 April 2010 9:58 pm

    saya sanggup mensuplay jamurnya mas….

    HUBUNGI NO SAYA

    085852468000

  6. andre permalink
    6 May 2010 1:34 pm

    kalo saya mau coba budidaya jamur tiram nya gimana caranya mas

  7. paksi dewandaru permalink*
    14 May 2010 11:08 am

    untuk budidaya, saya bisa pertemukan dengan petani saya… :-) prospeknya bagus loh pak..

  8. 18 February 2011 3:13 pm

    ayo bersama-sama memasyarakatkan jamur tiram, merang atau jamur konsumsi lainnya, sudah jelas manfaat dan kandungan gizinya… :)

  9. abang yudo permalink
    22 February 2011 7:01 pm

    izin share mas.. untuk membudidayakan makan jamur tiram putih..

  10. 22 August 2011 9:35 am

    hummmp’z

    kalau dibikin jamur tepung kaya enak tuh..

    mantap banget .

  11. 3 November 2011 12:06 am

    mengkonsumsi jamur tiram putih stiap hari bsa meremajakan kulit lohhh………………….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: